Minggu, 17 Oktober 2010

definisi,konsep,fungsi SIM


Definisi SIM,Konsep SIM, Fungsi dari SIM
Filed Under: Umum
Pendahuluan:
Tujuan sistem informasi manajemen (SIM) adalah memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub-unit organisasional perusahaan. SIM menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika, jadi dengan Mengunakan SIM dapat membuat sebuah perusahan yang terorganisir dengan baik, baik tingkat top manager maupun sub-unit perusahhan itu sendiri.

Definisi SIM dari beberapa ahli:
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.(Jerry FithGerald ).

Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan. ( Ludwig Von Bartalanfy).
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.( Anatol Raporot ).
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.(L. Ackof )
Komponen pendukung SIM
A.Komponen SIM Secara Fungsional
  • Sistem Administrasi dan Operasional
berfungsi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian     personalia, administrasi dan sebagainya dimana setiap bagian telah ditentukan sesuai prosedur.
  • Sistem Pelaporan Manajemen
Sistem ini berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada pengambil keputusan atau manajer.
  • Sistem Database
Berfungsi sebagai pusat penyimpanan data dan informasi oleh dalam unit organisasi, dimana database memuat seluruh data dalam organisasi yang sangat penting dalam perusahaan dan terus berkembang berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
  • Sistem Pencarian
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
  • Manajemen Data
Berfungsi sebagai media penghubung antara tiap unit informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.

B.Komponen SIM Secara Fisik
Komponen Sistem Informasi Manajemen secara fisik adalah keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem informasi manajemen. Komponen-komponen tersebut meliputi:
a. Perangkat keras:
- Perangkat komputer (CPU, Memory)
- Alat telekomunikasi
Peralatan penyimpan data (Decoder)
b. Perangkat lunak
- Perangkat lunak yang umum untuk pengoperasian dan manajemen data
- Program aplikasi
c. DataBase
- File-file tempat penyimpanan data dan informasi
- Media penyimpanan data
d. Prosedur pengoperasian
- Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan
- Instruksi penyiapan data sebagai input
- Instruksi operasional
e. Personalia pengoperasian
- Operator
- Programmer
- Analisa sistem
- Personalia penyiapan data
- Koordinator operasional SIM dan pengembangannya
Fungsi SIM
fungsi manajeman:
Agar informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi lebih berguna bagi manajemen, maka analisis sistem harus megetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkanya,ya itu dnegan mengetahui kegiatankegiatan yang di butuhkan untuk masing-masing tingkat manajeman dan tipe keputusan yang diambilnya. Berdasarkan pada pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis.
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2.Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3.Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4.Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5.Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6.Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan baru.
7.Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8.Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9.Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
10.Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.
Penutup
Kesimpulan
SIM merupakan gabungan dari  manusia dan mesin yang saling berinteraksi membentuk dan menyajikan informasi yang berfungsi dalam pengambilan keputusan. SIM memiliki beberapa komponen antara lain hardware, software, database, prosedur, personalia pengoperasian, jaringan komputer dan dan manusia sebagai pembuat dan penerima informasi.
Saran
Manusia merupakan komponen utama dalam SIM sehingga kemampuan dari pengguna sangat berpengaruh dalam SIM. SDm yang baik akan menghasilkan  yang baik pula dalam  menghasilkan informasi dalam SIM. sedangkan komponen lainnya hanya bersifat sebagai pendukung.
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar