Kamis, 09 Mei 2013

Tugas 5

5. Jelaskan dasar pandangan hidup yang berasal dari kenyakinan dan kepercayaan?
Jawab
Kenyakinan dan kepercayaan: menjadi pandangan hidup yang berasal dari akal dan kekuasaan Tuhan, ada tiga aliran filsafat yaitu:
a.    Aliran Naturalisme: hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi, kekuatan gaib itu dari natur dan tu dari Tuhan. Manusia adalah ciptaan Tuhan karena itu manusia mengabdi pada Tuhan melalui ajaran-ajaran agama.
b.    Aliran Intelektualisme: dasar aliran ini adalah logika/akal(kalbu yang berpusat dihati) “hati nurani” maka kenyakinan manusia itu bermula dari akal.
c.    Aliran Gabungan: dasar aliran ini adalah kekuatan gaib yang berasal dari Tuhan sebagai dasar keyakinan sedangkan akal adalah dasar kebuadayaan yang menentukan benar tidaknya sesuatu yang dinilai berdasarkan akal, baik sebagai logika berpikir maupun rasa/hati nurani. Apabila kekuatan gaib itu dari Tuhan dan akal berimbang maka akan menghasilkan peandangan hidup sosialisme-religius, kebijakan yang dikehendaki adalah kebijakan menurut logika berpikir dan dapat diterima hati nurani, semuanya itu berkat karunia Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar